• Home
  • /
  • Cara Menata Ruang Tamu Tanpa Kursi Namun Tetap Elegan

Cara Menata Ruang Tamu Tanpa Kursi Namun Tetap Elegan

Ruang tamu adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan keindahannya. Ruang tamu merupakan ruangan pertama kali yang tampak pada rumah. Dengan tata ruang yang bagus dan indah tentu akan membuat tamu merasa nyaman dan mungkin dapat menjadi inspirasi untuk para tamu. Selain itu ruang tamu dapat menjadi kesan pertama yang menggambarkan bagaimana pemilik rumah.

Biasanya ruang tamu identik dengan kursi dan berbagai macam hiasan. Namun untuk ukuran ruang tamu yang tidak terlalu besar menggunakan kursi agak kurang cocok. Dimana penggunaan kursi akan membuat ruang tamu terlihat lebih sempit. Bagaimana cara menata ruang tamu agar tetap terlihat elegan meskipun tanpa kursi?

Hal Penting Dalam Menata Ruang Tamu Tanpa Kursi

Pixabay.com

Membuat ruang tamu dengan konsep terbaik tentu membutuhkan banyak persiapan dan memang harus disiapkan dengan matang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat ruang tamu menjadi lebih menarik, minimalis meskipun tanpa kursi tamu minimalis. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

  • Menghitung besar kecilnya ruang tamu

Isi dari ruang tamu harus disesuaikan dengan ukuran dari ruang tamu. Jangan sampai berlebihan dalam meletakkan furniture yang akan membuat ruang tamu tidak rapi, sempit dan terlihat sesak. Selain itu dengan mengetahui ukuran dari ruang tamu maka tidak akan membuat Anda salah ketika membeli karpet. Dimana ukuran karpet juga perlu diperhatikan, karena sangat berpengaruh terhadap kerapian.

  • Pemilihan motif dan warna karpet

Selain memperhatikan ukuran ruangan yang sangat penting untuk diperhatikan ketika membeli karpet, ada hal penting lainnya yang harus diperhatikan. Apa itu? Jawabannya adalah motif dan juga warna karpet.

Pilihlah karpet dengan warna dan motif yang tentunya masih nyambung dengan warna pada dinding atau lantai pada ruang tamu. Mengapa memilih motif dan juga warna karpet sangat penting?

Menggunakan karpet dengan motif dan juga warna yang serasi dengan dinding atau lantai ruang tamu akan sangat berpengaruh dengan hasil akhir. Jika karpet serasi dengan ruang tamu, maka sudah dapat dipastikan ruang tamu akan terlihat lebih elegan dan enak dipandang.

  • Jenis karpet

Hal penting lainnya yang tidak boleh luput dari perhatian untuk membuat ruang tamu dengan gaya lesehan adalah jenis matras atau karpet. Pilih karpet atau matras yang tebal dan halus serta tidak panas. Sehingga tamu akan merasa nyaman.

Sepertinya memilih karpet dengan bahan yang bagus tidaklah susah ya, karena sekarang banyak sekali karpet bulu yang sangat empuk dan sangat nyaman. Sepertinya karpet berbulu cocok untuk ruang tamu lesehan Anda.

Berbagai Gaya Ruang Tamu Tanpa Kursi

Pixabay.com

Ruang tamu tanpa kursi memang sangat jarang diterapkan untuk rumah Indonesia. Penduduk Indonesia masih cenderung lebih suka menggunakan kursi pada ruang tamu. Namun ruang tamu tanpa kursi juga tidak kalah cantik dan elegan dengan ruang tamu yang menggunakan kursi.

Ada banyak gaya ruang tamu tanpa kursi yang simple, nyaman, cantik dan pastinya elegan. Berikut ini beberapa gaya tata ruang tamu yang mungkin dapat Anda coba untuk ruang tamu hunian Anda ya:

  • Gaya ruang tamu dengan bantal sebagai tempat duduk

Ruang tamu dengan nuansa santai akhir-akhir ini banyak digunakan dan cukup memberikan kenyamanan dan membuat tampilan ruang tamu menjadi lebih cantik. Ada beberapa item yang harus dibeli diantaranya alas atau karpet (menggunakan karpet berbulu lebih cantik), bantal duduk, meja dan lain sebagainya.

Dengan bantal sebagai kursi duduk cukup membuat setiap tamu nyaman berlama-lama bertamu. Selain itu mengobrol dalam durasi waktu yang lama tentu tidak akan terasa. Pastinya ngobrol bersama tamu juga akan lebih santai.

  • Gaya ruang tamu ala negeri sakura

Jepang adalah sebuah negara dengan konsep tata ruang atau interior yang cukup unik dan menarik. Interior rumah gaya jepang identik dengan bahan kayu dan juga lesehan baik untuk tempat tidur maupun ruang tamu.

Meskipun lesehan, ruang tamu ala Jepang terlihat sangat nyaman. Selain itu dinding dan juga matras yang senada dengan dinding menambah kesan elegan pada ruang tamu. Biasanya ruang tamu di negara jepang menggunakan bahan futon untuk matras. Dimana bahan futon sangat nyaman dan juga empuk.

Ruang tamu juga lebih menarik dengan tambahan bantal sebagai tempat duduk. Ingat ya pemilihan warna antara bantal, meja, dinding dan juga matras harus senada ya.

  • Gaya ruang tamu ala Suku Badui Maroko

Gaya ruang tamu ala Suku Badui Maroko cukup hits dan pastinya patut untuk dicoba. Ruang tamu dengan memanfaatkan busa dan berbagai macam jenis bean bag dapat menggantikan kursi ruang tamu. Dengan gaya ini ruang tamu akan terlihat lebih luas dan menarik.

Selain itu tidak ada salahnya jika menambah lemari di pojok ruangan yang mana dapat digunakan untuk menyimpan bantal-bantal pada ruang tamu. Meskipun lesehan ruang tamu Anda tetap menarik ya, selain itu dengan duduk santai di ruang tamu Anda sudah dapat menikmati suasana seperti di Maroko.

Ruang tamu tanpa kursi tidak menjadi masalah, bahkan ruang tamu hunian Anda akan tetap terlihat cantik, nyaman dan juga elegan. Pastinya dengan memperhatikan atau menerapkan beberapa hal penting diatas ya. Semoga bermanfaat.