Cara Merawat AC Mobil Agar AC Lebih Awet

 

Berkendara dengan mobil memang cukup nyaman karena kita dapat terhindar dari sengatan matahari. AC mobil yang bekerja dengan sempurna sangat baik untuk memberi efek sejuk pada kabin mobil. Keberadaan AC merupakan salah satu bagian yang penting pada interior mobil. Penting karena mempunyai beberapa fungsi.

Salah satu fungsi dengan adanya AC ialah membuat Anda merasa sejuk di dalam mobil. Selain itu juga Anda akan merasa nyaman ketika berkendara sehari-hari. Apalagi kondisi cuaca di negara Indonesia ini sendiri yang cukup panas dan lembab. Ditambah kondisi lalu-lintas perkotaan yang selalu macet membuat kehadiran AC menjadi sangat bermanfaat dan dibutuhkan.

Kehadiran AC mobil pada saat hujan juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan kabut di kaca depan mobil. Karena peran AC yang sangat penting baik malam maupun siang hari, maka AC harus selalu dirawat. AC yang tidak dirawat secara rutin akan membuat kinerja AC menjadi tidak maksimal. Misalnya, AC yang mengeluarkan bau apek dan AC yang kurang dingin.

Masalah tersebut tentunya akan sedikit mengganggu Anda dalam berkendara. Oleh karena itu Anda sebagai pengemudi harus selalu merawat AC secara rutin dan benar agar masalah tersebut tidak timbul pada AC mobil Anda. Di sini writinforums.com akan mengajak Anda untuk belajar bagaimana cara merawat AC mobil. Berikut cara-caranya

Kabin yang jarang dibersihkan akan membuat debu atau kotoran lainnya menempel pada permukaan AC. Hal tersebut dapat membuat udara yang dihasilkan oleh AC kurang dingin atau sejuk.

  • Tidak merokok di dalam mobil

Asap dari punting rokok sangat berbahaya bagi AC mobil asap tersebut dapat terhisap ke dalam blower yang kemudian menempel pada evaporator. Apabila hal tersebut terjadi, itu akan membuat evaporator menjadi kotor. Memang hal tersebt tidak langsung membuat evapator rusak, namun dapat mengganggu kinerja evaporator dan berdampak pada kerja AC.

 

  • Mencuci bagian kondensor

Kondensor bentuknya mirip dengan radiator mobil. Bagian ini juga perlu dirawat dengan membersihkannya secara rutin.Jika kondensor tidak dibersihkan secara rutin maka kondensor mudah berkarat atau korosi dan keropos. Anda dapat membersihkannya dengan cara menyemprotkan air secara langsung pada bagian kondensor dan sela-sela kondersor.

 

  • Jangan menaruh pengharum mobil di dekat AC

Pengharum ruangan mengandung minyak yang lama-lama akan mengendap dan akhirnya bisa menjadi tempat tinggal bakteri, kuman atau jamur. Apalagi jika kadar kandungan alc yag dihasilkan pengharum sangat tinggi. Kadar kandungan tersebut biasanya terdapat pada pengharum yang berkualitas akan membuat AC berbau asam.

 

  • Periksa putaran extra fan

Jika AC mobil sudah menggunakan kipas kondensor atau extra fan, sebaiknya Anda memeriksa putarannya secara teratur atau berkala. Hal ini perlu dilakukan agar AC bekerja secara optimal. Hal ini cukup penting untuk merawat ACĀ  mobil agar awet dan tetap dingin.

  • Membersihkan filter kabin

Kabin yang kotor akan membuat AC menjadi kotor dan akhirnya tidak bisa berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan kabin adalah dengan memasang filter kabin. Fungsinya adalah untuk menyaring debu atau kotoran agar tidak masuk ke dalam evaporator. Oleh karena itu, Anda harus selalu merawat dan membersihkan filter kabin.

 

Anda dapat melakukan perawatan filter kabin saat servis di tukang servis AC mobil. Jika memang filter kabin sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergatian filter kabin secara berkala.

 

  • Pilih tempat sejuk ketika parkir

Ketika memarkir mobil, sebaiknya Anda memilih tempat parkir yang minimal terlindung dari sinar matahari secara langsung. Hal tersebut agar kabin mobil tidak terlalu panas saat parkir. Kabin mobil yang terlalu panas membuat kinerja AC akan terlalu berat ketika dinyalakan.

 

  • Lakukan selalu servis berkala pada AC mobil

Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel atau dealer resmi mobil Anda untuk servis dan menecek kondisi AC pada mobil. Lakukan servis pada AC secara berkala. Misanya, gantilah filter kabin setiap 6 bulan sekali. Kemudian melakukan servis blower dan kondensor serta mengganti filter dryer setahun sekali.

 

Lalu, setiap 2 tahun sekali lakukanlah sevis besar meliputi servis evaporator, blower, kondensor. Mengganti dryer dann filter kabin. Selain itu juga lakukanlah vaccun+oli dan pengisian Freon kembali.

Itulah beberapa cara merawat AC mobil dapat Anda lakukan pada AC Anda. Selain itu, wiringforums.com juga menyarankan kepada Anda untuk tidak makan di dalam mobil. Hal tersebut dikhawatirkan bau yang keluar dari makanan akan mengganggu kinerja AC mobil Anda. kemudian, jangan membuka kaca mobil Anda dengan kondisi AC menyala.

Hal tersebut dikarenakan debu atau kotoran yang dihasilkan dari luar dapat masuk ke dalam kabin dan diserap oleh AC dan dapat membuat AC menjadi kotor. Gunakan AC minimal 1 minggu meskipun Anda tidak menggunakan mobil tersebut dengan cara memanaskan mesin dan AC mobil.