• Home
  • /
  • Desain Depan Rumah Minimalis

Desain Depan Rumah Minimalis

Disebabkan oleh berbagai alasan, kebanyakan orang mulai berbondong-bondong mengadopsi style rumah minimalis bagi hunian mereka, baik yang sedang proses pembangunan awal maupun renovasi. Nyatanya, tipe ini memang memiliki banyak kelebihan dan lebih nampak efisien.

Seiring dengan kenyataan tersebut, inspirasi desain rumah dan halaman rumah minimalis juga semakin gencar dicari. Maklum saja, desain tempat tinggal jenis ini memang tidak bisa dibuat sembarangan, karena kalau salah bisa membuat tampilan rumah jadi tidak maksimal.

Variasi Desain Depan Rumah Minimalis

Pixabay.com

Salah satu bagian penting dari perencanaan pembangunan rumah minimalis ialah menentukan desain halaman rumah. Di berbagai halaman website sudah banyak disebutkan referensi-referensi bentuk teras yang menarik, namun ulasan mengenai konsep-konsep tersebut belum banyak dilakukan.

Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas 4 jenis desain teras minimalis yang cukup populer dan banyak digunakan. Penasaran? Langsung saja berikut ulasannya:

  1. Teras tiga kaki

Istilah ini digunakan untuk menyebut konsep teras minimalis yang menggunakan tiang lebih dari dua sebagai variasi. Namun demikian, teras kaki tiga tidak harus memiliki jumlah tiang sebanyak tiga, bisa juga empat maupun lima, yang terpenting lebih dari dua.

Penataan teras tiga kaki bebas sesuai keinginan pemiliknya maupun sang desainer. Biasanya beberapa tiang diletakkan pada bagianĀ  depan dan lainnya berada pada wilayah samping. Jenis teras ini sangat cocok bagi bangunan minimalis lantai satu, karena efektif dalam menambah massa teras sehingga menyamarkan ukurannya yang minimalis.

Supaya hasil maksimal, teras dengan konsep ini memiliki atap tinggi, bahkan lebih tinggi dari bangunan rumah utama. Dengan demikian, bagian depan rumah menjadi nampak megah bak istana.

  1. Konsep sederhana

Sedikit berbeda dengan konsep teras minimalis 3 kaki, style yang satu ini hampir tidak membuat elemen tambahan selain bagian fungsional dari teras. Namun demikian, bukan berarti teras rumah minimalis jenis ini tidak menarik. Keistimewaan teras sederhana lebih terletak pada penggunaan paduan warna cat mencolok atau keramik bermotif unik.

Konsep sederhana sangat cocok diterapkan pada rumah minimalis dengan ukuran yang minim. Teras polos tanpa atribut akan membuat bagian tersebut menjadi nampak lebih lapang. Selain itu, kesan simple dan menarik juga tetap dapat didapatkan dari model teras sederhana.

  1. Tema Joglo

Tentunya, anda sudah tidak asing dengan konsep teras Joglo bukan?

Nama joglo sendiri merupakan nama rumah adat khas Jawa timur yang pada masa dahulu banyak digunakan di keraton dan rumah-rumah masyarakat. Seiring berjalannya waktu, desain Joglo banyak dikembangkan dalam berbagai konsep baru, tak terkecuali style hunian minimalis.

Masih sama, teras joglo minimalis menjorok ke depan dibandingkan dinding bangunan rumah dengan jarak kurang lebih 1,5 meter. Tak ketinggalan dua tiang di kedua sisi teras samping kanan dan kiri. Jika sebelumnya, joglo identik dengan warna coklat menyerupai warna kayu, kini banyak orang sudah mengaplikasikan warna-warna kontemporer seperti hijau muda dan merah maroon.

  1. Arsitektur batu alam

Pixabay.com

Bagi penyuka nuansa natural, desain yang melibatkan batuan alam akan menjadi pilihan cocok. Dalam hal ini, anda dapat memilih antara mengaplikasikannya pada dinding, lantai, atau justru keduanya.

Tema batu alam sendiri masih menjadi tema unik dan paling diminati di tahun 2020. Kebanyakan orang mulai tertarik membuat halaman rumah minimalis mereka se-variatif mungkin, salah satunya dengan memberikan sensasi tonjolan-tonjolan pada dinding dan lantai.

Keramik dengan motif batuan alam sendiri sudah banyak dipasarkan. Ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin permukaan lantai tetap halus namun tidak meninggalkan tema natural. Jadi, anda tertarik?

Poin Penting dalam Desain Bagian Depan Rumah Minimalis

Selain membahas beberapa jenis desain teras yang paling hits, ada informasi penting yang tidak boleh anda lewatkan terkait pembuatan halaman depan rumah. Begitu salah perhitungan dalam kontruksi, desain akan berdampak kurang maksimal.

Aturan apakah itu? Berikut penjelasannya:

Ketinggian dinding bagi rumah minimalis lantai 1

Rumah minimalis biasanya dibangun dalam dua macam bentuk, yakni lantai 1 dan lantai dua. Untuk desain lantai satu, usahakan menggunakan dinding dengan ukuran tinggi 3,2 sampai 3,6 meter. Ukuran tersebut sangat ideal untuk diterapkan.

Menurut para ahli arsitektur, ketinggian dinding serta bentuk atap sangat mempengaruhi tampilan rumah minimalis satu lantai. Terlalu tinggi akan membuat rumah jadi nampak cungkring, jika terlalu pendek pun akan membuat tampilan rumah menjadi aneh.

Proporsional ukuran bagi rumah minimalis lantai 2

Adapun untuk bangunan minimalis bertingkat, aspek yang penting diperhatikan ialah keseimbangan ukuran bangunan antara lebar dan tinggi. Dengan demikian, anda bebas menentukan ukuran (karena tidak ada ketentuan lebar / tinggi) selama perbandingannya seimbang.

Selain ketinggian bangunan lantai satu, beberapa elemen-elemen lain yang harus diperhatikan yaitu lisplang beton lantai pada balkon bangunan dan ketinggian dinding lantai 2.

Selain itu, aksen garis-garis teratur pada dinding atas memberikan kesan menyenangkan dan artistik. Meskipun ada beberapa pilihan relief yang bisa digunakan, namun umumnya harga mereka cukup mahal. Jika belum memungkinkan, aksen garis dapat dicoba.