• Home
  • /
  • Empat Manfaat Menggundul Rambut Bayi

Empat Manfaat Menggundul Rambut Bayi

 

Hampir semua bayi pasti pernah merasakan rambut yang digundul. Kenapa rambut bayi harus digundul? Menggundul rambut bayi sebenarnya ada tujuannya tersendiri. Para orang tua harus mengetahui tujuan dari menggundul rambut tersebut. Ada empat manfaat menggundul rambut pada bayi yang perlu anda ketahui. Manfaat yang pertama adalah mampu mengatasi rambut dari lemak. Rambut pada bayi baru lahir biasanya masih kotor karena adanya sisa proses kelahiran. Biasanya kotoran tersebut sulit untuk dibersihkan. Menggundul rambut bayi menjadi cara paling tepat untuk menjaga kebersihan rambut dari lemak yang menempel.

Manfaat ke dua adalah mempermudah orang tua untuk memperhatikan keadaan kepala bayi. Biasanya pada kepala bayi bisa tumbuh bisul atau benjolan. Keadaan kepala yang gundul akan memudahkan orang tua untuk setiap saat memperhatikan kepala bayi. Manfaat ke tiga adalah membuat bayi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. Seorang bayi baru lahir akan mulai beradaptasi dengan lingkungan. Selain selalu menjaga kehangatan bayi, orang tua juga perlu menjaga suhu bayi agar tidak kepanasan. Menggundul rambut memudahkan bayi untuk tidak merasa gerah saat cuaca panas.

Manfaat ke empat adalah memudahkan melakukan perawatan pada kulit. Ketika si kecil mengalami masalah biang keringat atau dermatitis seboroik yang parah maka membutuhkan perhatian yang lebih. Menggundul rambut pada bayi memudahkan si kecil untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Empat manfaat di atas memang sangat penting untuk diperhatikan para orang tua. Pastinya anda ingin membuat si kecil merasa nyaman dan tidak rewel.

Kapan boleh mencukur kepala bayi? Hal ini bisa dilakukan setelah 10 hari kelahiran si kecil. Pada usia ini bayi tidak melakukan banyak gerakan hal tersebut memudahkan proses pemotongan rambut. Selain itu pastikan bahwa kondisi kecil dalam keadaan yang sehat. Ada kiat – kiat aman yang bisa anda perhatikan untuk memotong rambut bayi dengan baik dan aman. ┬áJika anda tidak berani memotong rambut sendiri maka mintalah bantuan tukang potong untuk memotong rambut si kecil.