• Home
  • /
  • Jurnal Ekonomi

Jurnal Ekonomi

 

 

Jurnal merupakan aplikasi periodik yang berbentuk artikel dan diterbitkan secara berkala pada biasanya jurnal akan diterbitkan di dalam interval waktu tertentu. Misalnya setiap 1 tahun sekali atau 4 bulan sekali. Setiap jurnal mempunyai beberapa jenis, misalnya saja seperti jurnal ekonomi. Cara umum jurnal memang mempunyai cakupan materi secara luas, namun padat karena hanya terdiri dari 6 sampai 8 halaman saja.

Bagian-Bagian Jurnal

Secara umum jurnal mempunyai isi pada sejumlah referensi yang dijadikan sebagai rujukan dalam penulisan setiap artikel. Untuk jenis artikel yang ditulis tentunya tidak hanya sebatas laporan penelitian saja. Akan tetapi juga berupa review literatur. Sementara untuk jurnal ekonomi menjadi jurnal yang mempublikasikan karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian, kajian pustaka, serta hasil dari pembuatan model. Hal ini berhubungan pada bidang ilmu ekonomi.

 

Berikut ini ada beberapa bagian dalam jurnal yang harus Anda ketahui:

  1. Judul

Judul di dalam setiap jurnal harus jelas dengan membaca judul saja, maka pembaca bisa mengetahui inti dari jurnal tanpa membaca jurnal secara keseluruhan. Perlu diingat bahwa untuk pembuatan judul tidak diperbolehkan apabila mempunyai makna ganda dan tidak disarankan. Apabila melebihi dari 12 kata apabila menggunakan bahasa Indonesia dan jika menggunakan bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata.

 

  1. Nama

Untuk penulisan nama di dalam suatu jurnal terdiri dari nama penulis nama dari pembimbing 1 dan pembimbing 2. Untuk penulisan nama pembimbing 1 dan pembimbing 2 tanpa menggunakan gelar akademik dan dianjurkan supaya menyertakan nama lembaga seperti fakultas maupun Universitas jangan lupa untuk menambahkan alamat email.

 

  1. Abstrak

Penulisan abstrak berbeda dengan ringkasan karena di dalam jurnal. Fungsi dari abstrak yaitu supaya memudahkan pembaca dalam mencerna secara singkat dari isi di dalam jurnal abstrak tersebut sebagai penjelasan memacu pada jurnal. Penulisan abstrak dalam jurnal harus kisaran 250 kata, yang mana 250 kata tersebut sudah merangkum tujuan metode penelitian hasil serta kesimpulan.

 

  1. Kata Kunci

Penulisan dari kata kunci ini sebanyak 3 hingga 5 kata dan kata kunci diambil dari inti dalam penelitian yang tidak dibahas.

 

  1. Pendahuluan

Pendahuluan pada jurnal mempunyai sisi berupa latar belakang dari penelitian yang dilakukan. Uraian dari permasalahan yang sedang diteliti dan hal ini dikaitkan pada teori kemudian diakhiri dengan tujuan penelitian. Untuk penulisannya diketik menggunakan dua spasi dan tidak lebih dari 6 halaman.

 

  1. Metode Penelitian

Metode penelitian peneliti dapat menjelaskan mengenai desain yang digunakan. Metode pengumpulan data maupun jenis pengendalian yang dilakukan.

 

Masih ada beberapa bagian dari pembuatan jurnal yang perlu diperhatikan dengan baik karena untuk struktur penulisan. Setiap jurnal apapun yang Anda buat mempunyai bagian yang tidak berbeda sehingga bagian jurnal yang ada diatas bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak membuat jurnal.