• Home
  • /
  • Materi Pramuka

Materi Pramuka

Sebagai gerakan wajib diajarkan kepada peserta didik, tentunya kita harus mengetahui apa saja materi pramuka yang wajib diajarkan sehingga menambahkan ilmu.

 

Artikel:

Dalam dunia kepramukaan tentunya terdapat materi pramuka wajib diajarkan sehingga akan membantu peserta didik lebih mengenalinya. Tujuan gerakan pramuka tentunya sangatlah bagus untuk melatih sikap dan kepribadian agar menjadi seseorang yang lebih baik dalammenghadapi setiap permasalahan yang ada.

 

Materi Pramuka Wajib

Sudahkah Anda mengetahui apa saja materi pramuka wajib yang diajarkan kepada semua golongan kepramukaan? Yuk cari tahu dalampenjelasan yang terdapat di bawah ini.

 

  1. Sejarah dan Makna Pramuka

Materi pertama yang wajib diajarkan kepada anggota kepramukaan semua golongan mulai dari siaga, penggalang, dan penegak yaitu sejarah dan arti kiasan pramuka. Hanya saja tingkatannya berbeda, semakin tinggi golonganmu maka semakin tinggi pula materi yang akan didapatkan.

 

Nah, sejarah dan arti lambang pramuka digunakan sebagai materi pengetahuan umum. Biasanya dalam materi tersebut kita diajarkan untuk mengenal sejarah pramuka dunia dan Indonesia, lambang pramuka.

 

  1. Syarat Kecakapan Umum

Berikutnya, materi wajib yang harus diajarkan kepada anggota pramuka yaitu syarat kecakapan umum (SKU) yang nantinya akan membantu menjadikan anak-anak untuk bersikap dan berperilaku yang lebih baik.

 

Tentunya, setiap golongan pramuka memiliki syarat SKU yang berbeda-beda sehingga materinya juga berbeda-beda. Apabila, lolos dalam tahap kecakapan SKU maka kamu baru boleh naik golongan kepramukaan.

 

  1. Lagu Pramuka

Sebagai seorang anggota maka kita harus mengetahui lagu pramuka yang selalu dilafalkan setiap dimulainya kegiatan pramuka tersebut. Tak hanya itu, biasanya lagu pramuka juga dilafalkan saat upacara.

 

Oleh karena itu, anggota pramuka wajib untuk menghafalkannya dan memahami makna dari lagu tersebut.

 

  1. Tali-Temali

Selanjutnya, materi yang wajib diajarkan kepada anggota pramuka yaitu tentang tali-temali, tujuannya untuk membantu anggota pramuka dapat membuat drakbar, membuat gapura, dan banyak lagi manfaat lainnya yang didapatkan.

 

  1. Sandi

Dalam dunia kepramukaan terdapat materi sandi yang berupa sandi kotak, morse, semaphore, sandi angka, sandi AN yang fungsinya sama yaitu untuk berkomiunikasi baik secara lisan maupun tulisan.

 

Demikianlah penjelasan secara detail mengenai materi pramuka wajib yang harus diajarkan kepada setiap golongan.