• Home
  • /
  • 7 Langkah Jitu Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis Online Anda

7 Langkah Jitu Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis Online Anda

Pelaku bisnis sudah banyak yang berpaling menggunakan media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan produknya. Sayangnya bagi mereka yang baru saja memiliki akun bisnis di Instagram masih kesulitan menemukan langkah tepat untuk memanfaatkannya dengan maksimal. Berikut beberapa langkah memanfaatkan Instagram untuk bisnis yang bisa Anda terapkan.

Beberapa Langkah Jitu Memanfaatkan Instagram Sebagai Lahan Bisnis Terbaik

  1. Menentukan Target Audiens

Menentukan target audien yang hendak disasar, adalah langkah paling mendasar sebelum Anda mulai memposting konten di akun bisnis untuk pertama kalinya. Bahkan kemampuan membuat sebuah konten cantik nan eye catching akan berakhir sia sia, ketika Anda belum mengetahui siapa yang akan melihat promosi tersebut.

Tidak perlu terburu buru dalam menentukan audiens yang tepat, karena Anda harus melakukan riset terlebih dahulu agar tidak salah sasaran. Selama melakukan riset audien, usahakan untuk mendapatkan informasi sedetail mungkin demi meningkatkan presentasi konversinya. Untuk itulah, gunakan waktu yang diperlukan tanpa perlu tergesa gesa.

Contohnya saja ketika Anda hendak menawarkan produk skincare khusus bagi para remaja perempuan, maka sudah pasti targetnya adalah anak remaja yang memasuki umur 15 hingga 20 tahun. Umumnya kulit para remaja dapat meregenerasi dengan baik, sehingga kandungan skincare tidak boleh terlalu berat karena ditakutkan akan berdampak buruk bagi kesehatan kulitnya.

Jika merasa kesulitan untuk menentukan target sasaran, tidak ada salahnya mengintip kompetitor sebelah yang menawarkan produk serupa. Lewat riset tersebut, kemungkinan Anda bisa mendapatkan informasi terkait cara penyajian konten hingga konsep menarik untuk menguatkan branding sekaligus menarik perhatian mereka.

  1. Mengunggah Konten Menarik

Salah satu cara memanfaatkan Instagram untuk bisnis selanjutnya yaitu mengunggah konten menarik secara rutin. Hal ini perlu dilakukan, mengingat Instagram sendiri lebih  menonjolkan dari segi visual dibandingkan dengan aspek lainnya. Dengan kata lain, penting untuk menyajikan berbagai konten dengan tampilan visual yang sedap dipandang.

Buatlah berbagai konten mempertimbangkan beberapa aspek lainnya seperti komposisi pencahayaan, angle pengambilan gambar, hingga isi konten yang hendak disampaikan. Anda juga bisa membenamkan kesan tersendiri sekaligus mempresentasikan bisnis  yang tengah digeluti lewat konten yang diunggah di akun bisnisnya.

Perlu Anda ketahui bahwa konten menarik tidak harus selalu menampilkan promosi semata. Sebab ada beberapa konten lainnya yang tidak kalah menarik untuk disajikan kepada para follower, sekaligus menjaga agar tampilan akun tidak terlihat membosankan. Contoh konten yang bisa diunggah seperti tips menggunakan skincare yang benar hingga rangkaian penggunaannya.

Sebagai pelaku bisnis yang peduli dengan para audiennya, tidak ada salahnya melakukan komunikasi baik dengan merepost postingan mereka atau sekedar meninggalkan jejak pada kolom komentarnya. Melihat postingan mereka mendapatkan respon yang baik, bukan tidak mungkin produk Anda akan dipromosikan secara cuma cuma.

  1. Membuat Instagram Stories

Instastory merupakan salah satu fitur promosi yang tidak boleh luput menjadi media promosi terbaik lainnya. Tanpa perlu mengunjungi akun bisnis Anda, follower sudah mengetahui produk terbaru secara lengkap lewat promosi singkat yang hanya bertahan selama 24 jam tersebut. Agar tampilan Instastory menarik dan padat, disinilah kreatifitas Anda akan diuji.

Beruntungnya pengguna diberikan kesempatan untuk mengunggah berbagai konten demi menggaet viewer lebih banyak. Mulai dari promosi produk terbaru, video behind the scene, testimoni produk, tawaran diskon menarik, hingga QnA bisa disajikan disana. Sedangkan dari fitur QnA, Anda dan calon pelanggan dapat berkomunikasi satu sama lain seakan tanpa sekat sedikitpun.

Jika sudah tidak ada lagi pembatas untuk saling berkomunikasi, audien dapat menjawab pertanyaan lebih leluasa. Ketika semua pertanyaan sudah diberikan, kini saatnya bagi Anda untuk memberikan timbal balik dengan menjawab semua pertanyaan yang dilayangkan. Bahkan bagi akun bisnis yang sudah memiliki jumlah follower melimpah, bisa menikmati fitur swipe up.

Berkat kehadiran fitur canggih tersebut, para audien akan diarahkan langsung menuju link bisnis Anda. Cukup dengan menggesernya ke arah atas, maka jendela akan muncul sesuai dengan link yang tersajikan. Dengan kata lain, fitur ini dapat meningkatkan traffic dan leads dalam waktu singkat tanpa perlu melakukan promosi kembali.

  1. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Cara memanfaatkan Instagram untuk bisnis lainnya yaitu dengan mengoptimasi profil Instagram Anda. Sayangnya Instagram membatasi optimasi profilnya dengan 150 karakter kata saja, sehingga Anda harus kreatif memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk mengenalkan bisnis kepada para audien.

Meski langkah satu ini terbilang cukup stricky, namun tidak ada salahnya menerapkannya sekarang juga demi memudahkan audien memahami bisnis yang tengah digeluti. Bahkan lewat bio singkat tersebut, sudah cukup untuk memberikan kesan tersendiri untuk menarik perhatian para audien yang mampir di bio akun instagram bisnis Anda.

  1. Manfaatkan Instagram Ads

Seakan mengetahui kebutuhan para penggunanya, Instagram kemudian menghadirkan sejumlah fitur canggih yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Instagram Ads misalnya, dimana fitur canggih ini dapat membantu penggunanya untuk mempromosikan produknya secara spesifik kepada para audiensnya.

Sebenarnya penggunaannya sendiri hampir serupa dengan Facebook Ads, karena pengguna juga bisa menarget siapa audien yang tepat dan membutuhkan produk Anda. Mulai dari ketertarikan audien, gender, usia, behavior, hingga data mengenai demografi tersajikan cukup lengkap dan detail sehingga informasi yang didapatkan cukup valid.

  1. Lakukan Analisis

Cara memanfaatkan IG sebagai media berbisnis selanjutnya yaitu menganalisa performa akun Instagram bisnis menyeluruh. Sebaiknya cara satu ini dilakukan secara berkala untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan dari setiap konten yang disajikan. Demi memudahkan penggunanya, Instagram menghadirkan fitur Insight sebagai bentuk pelayanan terbaiknya.

Berkat fitur canggihnya tersebut, Anda bisa mendapatkan segudang informasi data lebih spesifik untuk menghasilkan informasi akurat dan dapat dipercaya. Apabila merasa data kurang valid, lakukan testing untuk mengetahui strategi pemasaran yang paling efektif untuk diterapkan. Cara memanfaatkan Instagram untuk bisnis ini tentu saja membawa keuntungan berlipat.

Siapa yang tidak ingin bisnisnya sukses dan mampu meraum omset berlipat ? Demi mewujudkan impian tersebut, tentu saja Anda harus mengetahui tips jualan online yang tepat seperti mengetahui langkah tepat untuk memanfaatkan media sosial seperti Instagram. Dengan strategi tepat, dijamin berbagai keuntungan bisa didapatkan dalam waktu singkat.