• Home
  • /
  • Mitos Gunung Padang yang Wajib Diketahui

Mitos Gunung Padang yang Wajib Diketahui

Terlepas dari kesan mistis, Gunung Padang menyimpan 1001 kisah yang terpendam. Muncul dengan musium megalitikum membuat gunung ini banyak diperbincangkan dan disebut-sebut sebagai situs peradaban manusia tertua. Namun terlepas dari itu semua, muncul mitos-mitos Gunung Padang yang harus kita tahu. Berikut artikelnya.

Artikel:

Gunung Padang yang terletak di Desa Karyamuki, Kec. Campaka Mulya, Kab. Cianjur terkenal dengan situs sejarahnya yang bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu keajaiban dan warisan dunia. Indonesa harusnya bangga dengan hal tersebut. Namun, gunung ini juga meninggalkan teka-teki yang masih memiliki tanda tanya. Legenda, misteri dan mitos Gunung Padang sampai sekarang masih diteliti oleh banyak ahli untuk mengungkap kebenaran yang tersimpan tersebut. Beberapa mitos yang terkenal dapat dijelaskan sebagai  berikut.

Mitos Gunung Padang yang Melegenda

  1. Tempat Pertapaan Prabu Siliwangi

Gunung Padang adalah tempat keramat yang memiliki keunikan. Bebatuan berbentuk balok memanjang dapat ditemukan di setiap sudutnya. Bagaimana membawanya dan teknologi yang digunakan masih menjadi tanda tanya besar. Situs ini oleh warga dipercayai sebagai tempat pertapaan raja Padjajaran, Prabu Siliwangi sebelum menghilang bersamaan dengan kerajaanya. Kemistikan yang tergambar dari situs ini adalah posisi dan tata letak batu bahkan terdapat guratan berbentuk tapak kaki harimau dan kujang yang merupakan senjata Kerajaan Padjajaran.

  1. Adanya Piramida di Bawah Gunung Padang

Ditemukannya piramida dengan umur lebih dari 5.000 tahun ini oleh para peneliti menjadikan situs ini adalah situs tertua melebihi piramida Mesir. Hali ini dapat menguak sejarah peradaban manusia di Indonesia yang dimulai pada masa Kerajaan Kutai. Terlepas dari kebenaran yang akan muncul, mitos Gunung Padang mengenai piramida ini masih menyimpan mesteri.

  1. Tempat Pumujaan dan Bermusik

Gunung Pandang memiliki 5 tingkatan teras dengan mitosnya masing-masing. Di teras pertama terdapat batu yang menyerupai alat musik gamelan yang dapat mengeluarkan suara. Teras kedua juga memiliki sisi mistisnya dimana terdapat batu tapak bulat yang menghadap Gunung Gede. Konon ceritanya, tempat ini dijadikan sebagai tempat peribadatan. Di Teras keempat terdapat batu yang disebut batu gendong, jika disentuh maka akan mengeluarkan suara gemuruh dan wangi minyak mistis. Banyak orang yang bermeditasi di teras ini karena percaya akan membawa keberuntungan.

Misteri dan Mitos Gunung Padang ini masih menjadi kepercayaan dan tanda tanya besar untuk sebagain orang. Terlepas dari hal tersebut, menjaga alam dan situs yang sudah ada adalah hal dasar yang dapat kita lakukan. Semoga bermanfaat!.