• Home
  • /
  • Peluang Bisnis Pertanian yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Pertanian yang Menguntungkan

Negara Indonesia memang sudah lama dikenal sebagai negara agraris. Banyak lahan yang ada di Indonesia dimanfaatkan menjaid lahan pertanian. Tetapi anggapan bahwa bisnis pertanian tidak menjanjikan masih melekat pada benak banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak yang masih beranggapan bahwa pekerjaan sebagai petani merupakan pekerjaan rendahan yang hanya dilakukan oleh orang-orang pedesaan. Tetapi sebenarnya memiliki usaha di bidang pertanian juga cukup menjanjikan. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

Peluang Bisnis Pertanian yang Menguntungkan

Pixabay.com

Meski sering mendapatkan penilaian miring dari banyak orang, tetapi sebenarnya pekerjaan sebagai petani cukup menguntungkan. Bahkan jika dibandingkan dengan pekerjaan kantoran, petani bisa dibilang memiliki pendapatan yang lebih besar. Sektor pertanian, telah lama dan bahkan hingga kini masih menjadi sektor terbesar dalam menggerakkan roda pertaian.

Bisnis di sektor pertanian bisa menjanjikan dan menguntungkan hingga saat ini tidak lepas dari faktor bahwa sektor ini masih menggunakan teori ekonomi klasik. Prinsip dasarnya yaitu jika ingin memperoleh keuntungan secara maksimal, maka pemanfaatan dari sumber daya harus dilakukan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, jika ingin mendapatkan keuntungan besar dari bisnis di sektor pertanian, Anda juga perlu memiliki lahan yang cukup luas.

Jika Anda memiliki wawasan lingkungan yang bagus, maka Anda dapat meraih keuntungan dan mencegah terjadinya kerugian. Dengan begitu Anda dapat memperoleh manfaat produksi yang stabil, menghindari adanya kerusakan lingkungan dan keuntungan ekonomi yang cukup besar.

Beberapa Peluang Bisnis Pertanian yang Menguntungkan

Pixabay.com

  1. Tanaman Pertanian Organik

Pertanian organik memang berbeda dengan pertanian pada umumnya, sebab pada pertanian organik tidak ada penggunaan pupuk berbahan dasar kimia. Dengan begitu maka petani bisa menghasilkan prosuk yang lebih sehat dan unggul. Kelebihan lainnya yakni Anda bisa memulai bisnis ini tanpa perlu menyiapkan lahan yang luas. Sebab pertanian organik dapat Anda lakukan di area terbatas menggunakan media hidroponik.

Karena tidak menggunakan pupuk kimia, Anda harus bisa mengelola dan merawat tanaman dengan lebih baik dan teliti. Meski agak sulit dalam perawatan, tetapi produk dari pertanian jenis ini memiliki daya jual yang cuku tinggi. Anda dapat menawarkan produk Anda ke supermarket atau Anda bisa juga mengekspot produk dari pertanian organik tersebut. Tentu saja dengan daya jual yang tinggi, maka keuntungan yang akan Anda peroleh juga akan lebih besar.

  1. Budidaya Tanaman Hias

Kemudian, Anda juga dapat memilih membudidayakan tanaman hias jika Anda tidak berminat untuk bertani tanaman pangan. Meski konsumen dari tanaman hias tidak sebesar tanaman pangan, tetapi bukan berarti bahwa peluang bisnis dari budidaya tanaman hias tidak menguntungkan. Budidaya tanaman hias cukup cocok dilakukan di Indonesia, sebab tanaman hias masuk ke dalam kategori florikultura sehingga cocok dibudidayakan di negara tropis.

Di masyarakat modern, tanaman hias seringkali digunakan untuk menambah estetika hunian. Selain itu dengan memanfaatkan tanaman hias, maka lingkungan sekitar hunian akan terlihat lebih asri. Bahkan konsumen dari tanaman hias tidak hanya pada perseorangan saja. Beberapa bangunan publik, fasilitas umum, dan tata kota juga membutuhkan tanaman hias agar lingkungan menjadi lebih indah dan menyejukkan.

  1. Penyedia Bibit Berkualitas

Produk pertanian yang dipanen tidak sesuai harapan seringkali menyebabkan para petani merugi. Hal tersebut bisa terjadi sebab para petani menggunakan bibit yang tidak berkualitas. Maka menyediakan bibit berkualitas juga menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Sekarang ini ada banyak pilihan bibit yang bisa Anda kelola dan Anda kembangkan seperti bibit dengan varietas hortikultura di antaranya frutikultura, olerikultura, florakultura, biofarmaka, dan lansekap.

Jika Anda bisa memenuhi kebutuhan pasar akan tersedianya bibit yang unggul dan berkualitas, maka hasil pertanian juga akan melimpah. Dengan begitu bibit yang Anda kelola tentu saja akan menjadi incaran banyak petani. Prospek bisnis memang cukup pesat dan diminati oleh cukup banyak orang sebab hasilnya yang cukup besar.

  1. Pelayanan Produk dan Jasa Pertanian Modern

Peluang bisnis di sektor pertanian yang terkahir yakni menyediakan layanan produk dan jasa pertanian. Hal tersebut juga dapat Anda kembangkan menjadi lebih modern. Sebab tidak semua petani bisa mengembangkan bisnis dan mengelola lingkungan dengan benar. Nah, maka Anda dapat menghadirkan tim konsultan yang bisa membantu mencarikan solusi untuk kendala yang dihadapi petani.

Kemudian Anda juga dapat menjual beberapa produk yang diperlukan oleh petani seperti pupuk, alat-alat, dan mesin pertanian. Untuk memulai bisnis tersebut Anda tidak harus menyiapkan toko besar dengan modal yang besar juga. Anda dapat memanfaatkan teknologi dan toko online untuk menjalankan bisnis ini. Sehingga Anda tidak perlu membeli atau harus memiliki stock banyak untuk memulai bisnis ini.

Nah, demikian ulasan yang dapat kami berikan tentang peluang bisnis di sektor pertanian yang menguntungkan untuk Anda. Bahwa dengan ulasan yang kami berikan, Anda dapat lebih mengetahui bahwa usaha di bidang pertanian masih menjadi ladang segar yang bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk Anda. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis di sektor ini asalkan ada kemauan dan tekad. Terima kasih.