• Home
  • /
  • Kenali Apa Itu SEO On Page dan Bedanya dengan SEO Off Page

Kenali Apa Itu SEO On Page dan Bedanya dengan SEO Off Page

Sering digunakan dalam pembuatan konten website atau blog, nyatanya masih banyak yang bingung mengenai apa itu SEO on page. Sebelum mengenal lebih jauh mengenai SEO on page, akan lebih baik jika pembuat konten memahami arti dari SEO. Singkatnya, SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik membuat konten, agar website atau blog yang memuatnya menjadi topik teratas di mesin pencari.

Lantas, bagaimana cara kerja SEO? Saat ini ada beberapa mesin pencari yang sering digunakan, seperti Google, Yahoo!, Duckduckgo, dan Bing. Semua mesin pencari tersebut menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten yang layak menempati posisi teratas pada hasil pencarian.

Secara sederhana, menerapkan teknik SEO sama dengan melakukan relevansi pada mesin pencari. Biasanya, dalam sebuah artikel ada beberapa kata kunci atau keyword yang terdeteksi mesin pencari dan dimunculkan pada halaman pertama hasil pencarian. Optimasi SEO bisa dilakukan dengan dua teknik, yaitu SEO on page dan SEO off page

Apa Itu SEO On Page dan Off Page?

Pixabay.com

SEO On Page

Menjadi salah satu faktor terbesar dalam menentukan rangking website, namun banyak yang belum tahu tentang apa itu SEO on page. SEO on page merupakan teknik optimasi yang dilakukan pada bagian internal website tanpa melibatkan pihak luar. Teknik ini bertujuan agar mesin pencari tahu bahwa website sudah sesuai dengan apa yang dicari pengguna dan memiliki kualitas yang baik.

Dalam SEO on page, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain heading tag, title tag, permalink, outbond link, emphasize, image alt-tag, meta description dan konten. Pada mesin pencari seperti Google, beberapa hal ini yang berfungsi sebagai kata pertama dalam pencarian. Selain website owner, optimasi website juga bisa dilakukan oleh web master, seperti Atlanta SEO Company.

SEO Off Page

Tak hanya SEO on page, teknik lain yang bisa dilakukan untuk optimasi website adalah SEO off page. SEO off page adalah teknik optimasi yang dilakukan dari eksternal atau luar website. Optimasi dengan teknik ini bisa dilakukan dengan cara backlink, social buzz, dan mempromosikan website.

Salah satu cara SEO off page yang kerap digunakan adalah backlink. Backlink adalah link halaman website yang berada dalam halaman website orang lain yang memiliki page rank tinggi. Metode backlink ini dilakukan dengan menggunakan anchor text yang langsung terhubung ke website tertentu.

3 Tips Optimasi SEO On Page

Pixabay.com

Judul dan Isi Konten yang Menarik

Setelah memahami apa itu SEO on page, pemilik website akan lebih mudah salam melakukan optimasi. Salah satu langkah penting yang bisa dilakukan untuk optimasi website adalah membuat judul dan isi konten yang menarik. Judul adalah bagian pertama yang ditampilkan pada hasil pencarian. Sehingga, pemilihan judul akan berpengaruh pada jumlah kunjungan.

Saat membuat judul konten, sebaiknya tambahkan angka atau kata sifat yang mampu menarik perhatian pembaca. Penggunaan angka atau kata sifat dalam judul memang tidak bisa sebarangan disisipkan. Judul konten harus merepresentasikan isi konten yang dimuat.

Menggunakan Focus Keyword

Setelah menentukan judul, bagian berikutnya yang perlu diperhatikan adalah paragraf pertama konten. Paragraf pertama menjadi bagian yang paling disorot pembaca untuk menemukan materi konten yang akan dibahas. Maka dari itu, paragraf pertama sebaiknya memuat informasi utama dalam konten.

Agar memberikan kesan tidak bertele-tele, maka disarankan untuk meletakkan focus keyword pada 100 kata pertama. Sehingga, dengan membaca paragraf awal, pembaca mendapatkan kesan pertama yang baik. Jika tidak memungkinkan memasukkan focus keyword pada 100 kata pertama, maka paragraf pertama konten harus memuat informasi yang jelas dan menarik.

Menambahkan Gambar atau Video

Konten yang memuat gambar dan video dinilai lebih menarik dibanding konten yang berisi teks saja. Bila konten hanya memuat teks, biasanya pembaca akan mudah merasa bosan. Peletakan gambar atau video mampu memberikan penyegaran visual, sehingga tidak mudah lelah dan bosan kala membaca konten.

Sebelum memasukkan gambar ke dalam konten, pastikan bahwa ukuran gambar yang dimasukkan tidak terlalu besar, agar tidak memperlambat loading page. Kemudian, berikan nama file pada gambar sesuai dengan focus keyword agar bisa masuk ke hasil pencarian gambar. Pastikan pula untuk mengubah alt text gambar sesuai dengan focus keyword konten.

Sebagai seorang pemilik website sudah sepatutnya memahami apa itu SEO on page dan SEO off page untuk meningkatkan reputasi web. Setelah memahami teknik SEO tersebut, maka akan lebih mudah dalam melakukan optimasi website