• Home
  • /
  • Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Murah

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Murah

Meskipun dikenal sebagai kawasan elite, bukan berarti tidak ada tempat wisata di Jakarta Selatan yang murah, bahkan gratis. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati berbagai keseruan yang ditawarkan objek-objek wisata berikut ini bersama keluarga. Sebelum Anda menentukan pilihan, ada baiknya Anda membaca rekomendasi tempat wisata murah di Jaksel berikut ini.

10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Murah

Berjalan-jalan ke tempat wisata di akhir pekan menjadi kebutuhan masyarakat Jakarta sebagai pelepas penat setelah berhari-hari bergelut dengan kesibukan. Tak perlu jauh dan mahal, di seputar Jakarta Selatan pun banyak objek wisata yang menarik.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Siapa tak kenal objek wisata terkenal ini. Dengan area yang sangat luas, Ragunan tidak hanya menjadi tempat untuk mengenal berbagai satwa, tetapi juga menikmati udara segara dan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Bahkan, tempat ini juga sering menjadi tempat berolahraga.

  1. Taman Anggrek Ragunan

Puas mengelilingi Kebun Binatang Ragunan, Anda bisa mampir ke Taman Anggrek Ragunan yang lokasinya berdekatan. Ada sekitar 5.000 jenis anggrek yang ada di sini, seperti anggrek bulan, anggrek hutan, anggrek ungu. Anda bisa mengabadikan kecantikan bunga anggrek yang bermekaran sambil berfoto selfie.

  1. Hawke’s Auto Gallery

Hampir sama seperti Museum Angkut di Malang, Anda juga bisa menyaksikan berbagai jenis kendaraan di Hawke’s Auto Gallery. Tempat yang terletak di Cipete ini sangat cocok dikunjungi para pehobi otomotif karena memajang beragam koleksi kendaraan, termasuk kendaraan antik dan mewah. Semuanya bisa Anda nikmati tanpa membayar tiket masuk alias gratis!

  1. Museum Layang-Layang

Anda pecinta layang-layang? Puaskan mata Anda dengan menikmati koleksi layang-layang dari dalam dan luar negeri yang ada di Museum Layang-Layang. Objek wisata murah meriah ini terletak di Pondok Labu dengan harga tiket masuk hanya Rp10.000 per orang. Selain memajang koleksi, museum ini juga menjadi tempat menarik untuk mengetahui sejarah dan cara membuat layang-layang yang unik dan menarik.

  1. Taman Langsat

Pemandangan hijau dan udara segar menjadi barang yang makin langka di Jakarta. Untuk menikmatinya, Anda bisa datang ke Taman Langsat yang semula merupakan tempat pembibitan tanaman. Kini, taman dilengkapi berbagai fasilitas sehingga Anda bisa bebas beraktivitas tanpa dipungut bayaran, seperti menikmati pemandangan danau mini, menemani anak bermain, atau berolahraga.

  1. Taman Spathodea

Serupa dengan Taman Langsat, Taman Spathodea juga merupakan ruang terbuka hijau yang dapat dinikmati warga Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, secara gratis. Sesuai dengan namanya, di taman ini banyak tumbuh bunga spathodea yang cantik yang bisa Anda nikmati kapan saja tanpa batasan waktu.

  1. Kampung Betawi Setu Babakan

Objek wisata di Jagakarsa ini dibuat dengan tujuan untuk menghormati dan melestarikan budaya masyarakat Betawi. Anda bisa berkeliling menikmati pemandangan tiga buah danau buatan dan rumah-rumah khas Betawi secara gratis. Pada waktu tertentu, disajikan pula pertunjukan seni tradisional. Anda juga bisa menikmati aneka kuliner khas, seperti kerak telor dan bir pletok yang murah meriah.

  1. Taman Tabebuya

Objek wisata yang satu ini sangat indah saat musim berbunga tiba. Bunga Tabebuya yang bermekaran membuat Anda seolah lupa bahwa Anda tengah berada di Jakarta yang identik dengan panas dan macet. Selain itu, ada juga kolam berisi ikan air tawar. Anda bisa bebas beraktivitas di sini, asalkan tetap menjaga keindahan dan kebersihan.

  1. Kemang Food Festival

Bagi pecinta kuliner, tentu tempat ini pantang dilewatkan. Dibuka mulai pukul 17.00 hingga malam, Kemang Food Festival dikenal juga sebagai tempat nongkrong anak muda. Dengan banyaknya jenis makanan yang ditawarkan, Anda bisa menyesuaikan pilihan kuliner yang ingin dinikmati dengan isi kantong.

  1. Kampung Main Cipulir

Mengajak anak-anak bermain di akhir pekan adalah kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan. Kampung Main Cipulir bisa menjadi pilihan bagi Anda dan keluarga karena tempat ini menawarkan banyak wahana permainan yang pasti disukai anak-anak.

Tips Berwisata di Jakarta Selatan

Sebagai kota yang sibuk, termasuk saat weekend, Anda perlu tahu tips terbaik saat hendak mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan agar acara wisata berjalan lancar.

  • Hindari ruas jalan yang sering macet, terutama pada jam-jam tertentu, yaitu pagi pukul 06.00–09.00 WIB, siang pukul 11.00–13.00 WIB, dan sore pukul 17.00 –19.30 WIB.
  • Agar tidak membuang waktu, cari informasi lebih dulu tentang objek wisata yang akan dikunjungi di website wisata seperti pengindolan.com.
  • Manfaatkan aplikasi penunjuk lokasi agar mudah menemukan lokasi objek wisata yang dituju.
  • Abadikan momen kenangan berwisata di Jakarta Selatan.