Yuk Simak 4 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Caesar Yang Efektif

Memiliki berat ideal adalah keinginan setiap orang, terutama wanita yang baru saja hamil. Setelah melahirkan banyak yang ingin kembali ke bentuk tubuh semula secara cepat, tetapiĀ  harus berhati hati bila caesar. Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan caesar ini ada beberapa langkah yang diklaim efektif dan aman untuk luka bekas jahitan. Yuk intip di bawah ini!

Cara Tepat Menurunkan Massa Badan setelah Caesar

  1. Menyusui

Nutrisi utama yang sangat dibutuhkan oleh bayi, yaitu air susu ibu sejak hari pertama ia lahir. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memberikan air susu ibu ke bayi agar tumbuh kembangnya sempurna. Memiliki ASI yang lancar tentu merupakan suatu anugerah yang tak dimiliki oleh semua ibu, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

Akan tetapi, banyak yang belum tahu bahwa menyusui dapat menjadi cara efektif untuk menurunkan massa badan. Aktivitas yang mendekatkan psikologis ibu dan anak ini mampu membakar kalori antara 300 hingga 500 kalori per hari. Selain efektif cara ini juga tergolong aman untuk ibu yang melahirkan secara caesar, sehingga tidak ada gangguan pada bekas jahitannya.

  1. Hitung Kalori dan Atur Pola Makan

Memberikan ASI eksklusif hingga si kecil berusia 2 tahun memang merupakan hal wajib. Akan tetapi, memberikan asupan air susu ke buah hati ini juga membuat anda mudah lapar. Oleh sebab itu, harus diimbangi dengan menjaga pola makan dan menghitung kebutuhan kalori harian agar massa badan tidak melonjak secara drastis.

Anda perlu menjaga pola makan agar produksi ASI tetap lancar dan kebutuhan nutrisi ibu seimbang. Selain makanan utama, camilan sehat juga bisa dikonsumsi seperti buah, kacang, yoghurt, atau salad. Selain itu, pastikan anda memenuhi kalori harian sekitar 1200 kalori agar metabolisme tubuh tetap terjaga dan nutrisi di dalam ASI tetap seimbang.

  1. Gunakan Korset

Setelah proses persalinan Caesar, biasanya dokter menganjurkan para ibu memakai korset. Korset ini menjadi salah satu cara melindungi bekas luka dan membuat ibu lebih bebas saat beraktivitas. Pastikan anda merasa nyaman selama memakai korset dan tidak sesak napas serta memilih bahan korset yang tidak membuat kulit iritasi.

Selain berfungsi untuk kesehatan dan jahitan, korset juga efektif untuk mencegah timbunan lemak. Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan caesar ini bisa anda lakukan agar sel lemak tambahan tidak mengganggu di perut. Setelah persalinan perut ibu memang cenderung masih besar dan rawan buncit, tetapi hindari memakai korset saat jahitan belum sembuh.

Berat ideal setelah persalinan bisa anda peroleh dengan langkah bertahap dan tak lupa untuk tetap menjaga pola makan. Hal ini sangat penting agar asupan nutrisi ibu dan bayi tetap terjaga serta produksi ASI tidak terganggu. Setiap ibu nantinya dapat kembali ke massa badan normal, tetapi harus melakukannya dengan sabar.