Deskripsi Burung Cendrawasih

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam flora dan fauna. Apalagi dengan luas yang membentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihuni oleh beberapa satwa dan flora endemik yang hanya ada di negara kita. Salah satunya adalah cendrawasih, yang merupakan burung asli tanah Papua yang memiliki keindahan tiada tara. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas deskripsi burung cendrawasih dan apa saja hal yang berkaitan dengan hewan unik dan langka ini. Jika melihat ciri ciri tubuhnya, kita bisa melihat bahwa ukuran burung cendrawasih sedikit lebih besar daripada ukuran burung pada umumnya. Bahkan pada beberapa spesies tertentu, burung ini memiliki ukuran yang lebih besar lagi.

Jika dilihat dari warna dan corak bulunya, kita bisa melihat bahwa burung cendrawasih terlihat elok berkat perpaduan warna yang pas. Meski tubuhnya memiliki warna coklat dan kuning yang dominan, beberapa spesies lain memiliki tambahan corak seperti warna merah, hitam, hijau, bahkan ungu. Satu hal yang menarik dari burung cendrawasih adalah bagian ekor yang memiliki sepasang antena. Namun antena ini hanya dimiliki oleh burung cendrawasih jantan saja. Sedangkan para betina tidak memiliki antena di bagian ekornya. Bahkan jika dikomparasikan warnanya, burung cendrawasih betina cenderung memiliki warna yang sangat biasa, hanya coklat kekuningan saja. Ini merupakan seleksi alam dimana sang jantan menggunakan eksotisme tubuhnya untuk menarik perhatian sang betina.

Deskripsi burung cendrawasih yang lain adalah bentuk paruh yang khas. Paruhnya agak besar dengan moncong yang agak panjang. Paruh ini cukup kuat untuk mematahkan beberapa ranting pohon dan menghancurkan buah. Paruh tersebut digunakan untuk bertahan melawan predator, seperti burung lain misalnya. Selain itu, paruh juga digunakan untuk menangkap serangga hingga berbagi makanan dengan sang betina. Hal yang paling unik dari burung cendrawasih adalah suara dan tarian yang diperagakan saat musim kawin. Sang penjantan akan menari untuk menarik perhatian betina. Itulah beberapa hal yang bisa kita deskripsikan dari burung cendrawasih khas Papua.