• Home
  • /
  • Cara Membuat Bubur Merah Agar Hasilnya Lumer dan Lembut

Cara Membuat Bubur Merah Agar Hasilnya Lumer dan Lembut

Bubur merah pada biasanya dibuat ketika ada acara khusus selamatan, misalnya seperti baru memperoleh rezeki, hari lahir, maupun acara yang lainnya. Proses pembuatan bubur merah memang tergolong sangat sederhana, namun beberapa orang seringkali mengalami kesulitan karena tekstur bubur yang tidak bisa lembut dan lumer.

Cara Membuat Bubur Merah Lembut dan Lumer

Pixabay.com

Padahal cara membuat bubur merah membutuhkan trik khusus supaya hasil yang didapatkan tidak hanya rasanya yang enak dan gurih saja, namun juga mempunyai tekstur yang lembut. Proses pembuatan bubur merah ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan supaya hasil bubur benar-benar sempurna.

Inilah cara yang wajib dilakukan:

  1. Masak Menggunakan Api Sedang

Untuk semua bahan yang sudah dicampur seperti gula merah, santan, dan garam supaya dapat terserap dengan baik maka Anda dapat menggunakan api yang sedang pada saat memasaknya. Untuk setiap 5 hingga 19 menit jangan lupa untuk tetap diaduk secara terus-menerus.

Pengadukan ini sangat dibutuhkan agar mempercepat proses pemecahan bulir beras. Tidak hanya itu saja, hal ini juga bertujuan supaya proses air maupun santan menjadi lebih merata dan bubur tidak menggumpal.

  1. Pemilihan dan Pencucian Beras

Sebaiknya Anda menggunakan beras yang mempunyai bulir bagus dan beras tidak pecah-pecah. Sebelumnya beras harus dicuci terlebih dahulu lalu rendam, paling tidak dua jam sebelum diolah. Perendaman beras tersebut bertujuan supaya cepat lunak ketika dimasak.

  1. Perbandingan 1:5

Ketika Anda ingin memasak bubur beras merah pada 1 liter beras maka dapat menggunakan 5 liter air. Untuk perbandingannya yaitu 1 banding 5, sehingga apabila Anda memasak 2 liter beras maka air yang Anda butuhkan yaitu 10 liter. Sementara bubur yang dimasak akan membutuhkan air yang lebih banyak. Oleh karena itu perbandingan air jauh lebih banyak dibandingkan beras.

  1. Gunakan Spatula Kayu

Agar tidak dapat menimbulkan kerak di panci, maka Anda dapat menggunakan spatula atau sendok yang berbahan kayu ketika mengaduknya. Gunakan air panas cadangan apabila bubur sudah meletuk-letuk akan tetapi belum matang dengan sempurna. Maka cara yang perlu dilakukan yaitu dengan menambahkan air panas. Tujuan pemberian air panas yaitu supaya kekentalan bubur dapat terjaga dan matang secara merata.

Manfaat Bubur Merah untuk Bayi

Pixabay.com

Ternyata kandungan yang terdapat pada beras merah sangatlah banyak mengandung nutrisi seperti lemak, protein, vitamin B1, vitamin B2, B3, B5, bahkan sampai vitamin B6, zat besi, asam folat, magnesium, kalsium, fosfor, mangan, zink, natrium dan kalium. Untuk semua nutrisi tersebut pastinya sangat dibutuhkan oleh sekecil dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhannya.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh apabila Anda memberikan bubur merah atau bubur organik untuk si kecil. Beras merah mempunyai kandungan berupa serat yang cukup tinggi, yaitu 3,5 gram. Serat di dalam 100 gram beras merah inilah yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan serat pada bayi dan dapat membantu melancarkan bagian sistem pencernaannya.

Gula yang terdapat pada beras merah juga relatif sedikit karena hanya 0,85 gram untuk per 100 gram beras merah. Untuk itu kadar gula yang ada di dalam bubur merah sangat aman untuk si kecil. Ternyata nutrisi yang terdapat pada beras merah tidak hanya berguna bagi pertumbuhan maupun perkembangan bayi saja.

Akan tetapi juga mempunyai keunggulan lain seperti mudah dicerna serta tidak menimbulkan reaksi energi. Mengingat bahwa sistem pencernaan bayi memang belum matang dan masih lemah, maka bubur beras merah cocok untuk diberikan kepada si kecil.

Cara Membuat Bubur Merah Untuk Bayi

Memberikan bubur merah kepada si kecil tentunya sangatlah tepat, karena para orangtua dapat memantau nutrisi apa saja yang masuk pada tubuh bayi. Jika dibandingkan harus membeli makanan bayi instan, tentunya membuat bubur sendiri di rumah menjadi lebih menyenangkan dan terjamin nutrisinya. Selain itu membuat makanan sendiri untuk si bayi pastinya kebersihan akan lebih terjaga, tidak mengandung bahan kimia maupun pengawet.

Cara membuat bubur merah sangatlah mudah, seperti langkah berikut ini:

  • Silahkan menggiling beras merah lebih dahulu. Supaya menjadi butiran lebih halus, untuk menggiling nya dapat menumbuknya secara tradisional atau menggunakan blender.
  • Apabila sudah halus, silahkan campurkan ΒΌ gelas bubuk beras merah pada satu gelas air yang sudah mendidih.
  • Silahkan masak sambil diaduk terus sekitar 10 menit.
  • Apabila sudah selesai, maka bubur merah siap disuapkan pada bayi. Namun saat menyiapkannya pastikan bahwa bubur tidak dalam kondisi panas, karena hal ini bisa membuat lidah bayi terluka.
  • Supaya memberikan rasa dan warna yang lebih menarik Anda dapat menambahkan makanan atau sayuran yang mempunyai sumber protein. Misalnya seperti wortel yang sudah dihaluskan, brokoli, daging, atau buah-buahan. Hal cara inilah akan menjadikan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan menjadi lebih lengkap

Beras merah tentunya sangat berbeda jauh dengan beras putih. Beras merah hanya akan mengalami pengelupasan di bagian kulit paling luarnya saja, sehingga tidak melalui proses penggilingan yang panjang seperti pada proses beras putih. Apabila seluruh lapisan pada kulit beras merah dikelupas serta melalui proses yang lebih lanjut tentunya akan diperoleh beras putih.

Prosesnya yang panjang dan pengelupasan secara menyeluruh tersebutlah yang menjadikan beras putih mempunyai kandungan vitamin, asam lemak, mineral, dan serat yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan beras merah. Sementara nutrisi yang paling banyak terdapat di bagian kulit keras.