• Home
  • /
  • Kelebihan Telegram Dibandingan Aplikasi Messenger Lainnya

Kelebihan Telegram Dibandingan Aplikasi Messenger Lainnya

Saat sekarang ini sudah sangat banyak sekali aplikasi perpesanan atau chat berbasis android yang bisa kita unduh secara gratis, baik di play store ataupun di App store.

Salah satu aplikasi perpesanan yang saat ini sedang berkembang adalah Telegram, walaupun aplikasi ini masih terbilang kalah jauh dari whatsapp, dimana whatsapp menjadi aplikasi perpesanan nomor satu dimana menjadi yang paling sering diunduh dan digunakan oleh kebanyakan orang.

Sedangkan untuk telegram sendiri menempati posisi ke-10 dari rating unduhan dan penggunaan. Namun walaupun berada di rating 10, kelebihan Telegram wajib kalian pertimbangkan untuk diunduh.

Persaingan yang teramat ketat ditunjukan oleh para pesaing dari aplikasi whatsapp, salah satunya adalah aplikasi telegram, aplikasi ini dirilis pada tahun 2013 dan sampai sekarang sudah memiliki 200an juta pengguna aktif setiap bulannya. Aplikasi ini juga tidak hanya bisa digunakan pada smartphone saja namun juga bisa digunakan di OS Windows phone, windows NT, bahkan OS Linux. Untuk kalian yang ingin mendownload versi telegram mod dan telegram web bisa download di situs technicaltalk.net.

Kelebihan Telegram

Lalu sebenarnya apa saja sebenarnya kelebihan dari aplikasi perpesanan telegram ini ketimbang aplikasi perpesanan yang lainnya? Beberapa kelebihan telegram ini antara lain :

Penggunaan Fitur Group

Mungkin bagi seseorang fitur membuat sebuah grup sudah menjadi hal yang biasa di sebuah aplikasi perpesanan, namun apabila kita membuat sebuah grup di aplikasi telegram ini kita bisa memiliki 200 ribu anggota dalam satu group, jadi bayangkan saja 200 juta pengguna dalam satu group, betapa ramai sekali bukan. Namun terkadang karena saking banyaknya anggota membuat kita terlewatkan informasi yang penting.

Fitur Sticker

Fitur penggunaan sticker memang sudah tidak menjadi hal yang baru, namun berbeda dengan penggunaan fitur stiker di aplikasi telegram ini yang bisa dikatakan menjadi kelebihan Telegram. Dimana aplikasi telegram ini memiliki lebih banyak pilihan stiker untuk mengekspresikan perasaan kalian, selain itu ternyata fitur stiker ini, merupakan fitur yang sudah ada terlebih dahulu pada aplikasi telegram setelah itu baru kemudian aplikasi perpesanan lain seperti whatsapp ikut menggunakan fitur ini juga

Memiliki Keamanan yang Handal

Menurut pembuat dari aplikasi telegram ini yaitu Durov, dia mengklaim bahwa sistem keamanan dari aplikasi yang dia buat ini tidak akan bisa ditembus oleh para agen intelijen dari rusia. Dimana dalam keamanan dari aplikasi telegram ini menggunakan sistem enkripsi data yang diberikan kata sandi ketika kita mengirimkan sebuah pesan.

Fitur Self Destruct Timer

Kelebihan Telegram selanjutnya adalah dari fitur yang berbeda ditunjukan oleh aplikasi telegram ini, dimana di dalam aplikasi ini terdapat sebuah fitur, dimana kita bisa mengatur waktu dari pesan yang sudah dibaca menggunakan waktu, sehingga ketika pesan tersebut sudah terbaca dalam waktu yang telah kita tentukan maka pesan tersebut akan secara otomatis terhapus.

Editing Pesan yang Sudah Terkirim

Biasanya apabila kita sudah terlanjur mengirimkan pesan maka pesan tersebut tidak akan bisa diedit kembali terkecuali dengan jalan menghapus pesan tersebut dan mengirimnya kembali, namun didalam aplikasi telegram ini apabila kita terlanjur mengirimkan pesan, kita masih bisa melakukan editing terhadap pesan yang sudah kita kirim, sehingga bila kita salah kirim pesan kita masih bisa mengeditnya.

Beragam Channel yang Bisa Dimasuki

Apabila kita menggunakan aplikasi perpesanan lain selain telegram, maka apabila kita menginginkan sebuah informasi, kita diharuskan bergabung dengan group yang memiliki informasi tersebut, namun berbeda dengan aplikasi telegram ini, kita bisa bebas mengakses berbagai informasi yang kita inginkan tanpa diharuskan untuk bergabung dengan grup. Namun fitur ini hanya bisa diakses tanpa kita bisa berkomentar di dalamnya, sehingga kita hanya bisa melihatnya tanpa bisa melakukan analisa dan komentar di dalamnya.

Pengiriman File Besar

Kelebihan Telegram selanjutnya, mereka menggunakan penyimpanan cloud, dimana kita sebagai pengguna aplikasi telegram bisa mengirimkan file besar hingga sampai 1,5 giga, tidak seperti perpesanan lain yang dibatasi hanya bisa sampai 100MB untuk mengirim video atau foto.

Penambahan Tools Bagi Para Pengembang

Perkembangan penggunaan aplikasi telegram ialah dimana pihak telegram melakukan pembebasan pengembangan sebuah fitur yang berada di dalam aplikasi telegram, dimana mereka membuka application programming interface/API, sehingga pengembang bisa dengan mudah menghubungkan tools atau aplikasi mereka dengan aplikasi telegram.

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence atau biasa yang disebut dengan bots sudah dimiliki pada fitur yang disediakan oleh aplikasi telegram, dimana fitur yang satu ini bisa dengan otomatis mencari atau melakukan tugas, sebagai contohnya bots stiker, kita bisa dengan mudah mencari sebuah stiker dengan kita hanya mengetikkan namanya saja. Dan masih banyak lagi bots yang ada didalam aplikasi telegram ini.

Free to Access

Pihak telegram mengklaim bahwa aplikasi yang mereka ciptakan ini akan secara gratis bisa diunduh dan diakses selamanya, dan mereka menjamin tidak akan ada gangguan berupa iklan pada aplikasi telegram mereka.

Beberapa kelebihan dari aplikasi telegram ini memang sangat berguna, namun karena aplikasi ini masih bisa terbilang baru, maka penggunaan dari aplikasi ini masih tergolong sedikit. Walaupun begitu masih banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan selain dari pada telegram dan whatsapp yang memiliki keunggulan sendiri-sendiri.